Sejarah Desa

Sejarah Desa Pakuwesi

               Desa Pakuwesi pada awalnya merupakan komunitas pemukiman penduduk dengan jumlah jiwa yang masih sedikit, yang dirintis oleh seorang tokoh islam dari Madura yang bernama Cabangsah. Diperkiraan datangnya tokoh tersebut tahun 1921 dengan tujuan menyebarkan agama islam. Mata pencaharian pada saat itu adalah bertani, berkebun dengan adat keislaman yang sangat kental.

Nama Desa Pakuwesi berasal dari sebuah besi yang ditancapkan ke tanah yang merupakan alat untuk mengikatkan rantai besi alat berat pada masa penjajahan belanda. Besi yang menyerupai paku milik belanda tersebut tetap ada setelah indonesia merdeka. Oleh karena besi yang menyerupai paku tersebut oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat dijaman teersebut desa diberi nama PAKUWESI.

Sejak tahun 1947 setelah kemerdekaan Nama Desa Pakuwesi sudah dipakai oleh para pelaku pemerintahan. Nama tersebut juga diakui oleh masyarakat desa dan menjadi nama resmi Desa Pakuwesi setelah disahkan oleh tokoh islam yang bernama Cabangsah sebagai Kepala Adat pada saat itu.