Mandala Karya Prasasta : Trending Topik Program Desa Pakuwesi Mewujudkan Layanan Inovatif Desa

Pakuwesi, 28 Juli 2020,

Program Desa Pakuwesi yang inovatif merupakan langkah yang sangat strategis dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah Desa Pakuwesi. Desa Pakuwesi termasuk wilayah dari Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso. Wilayah Desa Pakuwesi dikelilingi  dengan batas-batas sebelah Selatan Desa Jetis, Timur Desa Kembang, Utara Desa Petung dan Barat Desa Kupang, Desa Salak dan Gugusan Pegunungan Hyang Argopuro. Desa Pakuwesi terdiri Atas 8 (Delapan Dusun) yaitu : Dusun Krajan I,Dusun Krajan II,Dusun Krajan III, Dusun Lombung, Dusun Basian I, Dusun Basian II, Dusun Sumber Kenik dan Dusun Taman Kenik. Desa Pakuwesi juga Terdiri Atas 9 RT dan 3 RW.

Sebagian besar wilayah Desa Pakuwesi terdiri atas tanah Kering serta tegal tadah hujan. Tidak dapat dipungkiri jika kebutuhan air bersih menjadi problem utama bagi warga Desa Pakuwesi untuk segera  diselesaikan dengan baik. Tercatat sebelum tahun 2016 warga Desa Pakuwesi belum mendapatkan fasilitas Air Bersih secara layak.

Melihat Kebutuhan Air Bersih cukup vital dan sangat layak untuk mendapatkan perhatian, maka Program Pembagunan Air Bersih Bersekala Desa harus segera dilaksanakan. Program Pembangunan yang diprakarsai oleh Bapak Kepala Desa Pakuwesi Syahrullah, S.H. Tergolong cukup baik,mudah dan efektif dalam memenuhi kebutuhan Air Bersih di wilayah Desa Pakuwesi. Dalam Kurun waktu tidak sampai tiga Tahun yaitu Tahun 2016-2017 Program Pemerintah Desa Pakuwesi telah menampakkan hasil yang signifikan. hal ini terbukti atas terpenuhinya kebutuhan Air bersih di setiap wilayah Desa Pakuwesi.

Pengelolaan Air Bersih Bersekala Desa ini telah dikelola oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). BUMDES Pakuwesi dalam praktiknya dilapangan bertugas dan bertanggung jawab langsung atas pengelolaan dan pelaporannya kepada Pemerintah Desa Pakuwesi. Melalui BUMDES inilah terbentuk tim khusus yang memfasilitasi dan membantu Pemerintah Desa Pakuwesi dalam Mengelola kebutuhan Air Bersih di Desa Pakuwesi.

Foto Dokumentasi Desa Pakuwesi :  “Meter Air Bersih Bersekala Desa”

Kebutuhan Air Bersih di Desa Pakuwesi juga didukung dengan tarif yang sangat terjangkau dan sangat murah di Kabupaten Bondowoso. Tarif Rp.400,- / M2 adalah harga yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa Pakuwesi, Merupakan Tarif yang sangat murah di Kabupaten Bondowoso. Harapan Pemerintah Desa Pakuwesi melalui Tarif  yang cukup terjangkau, Pemerintah Desa Pakuwesi dapat mempermudah dan tidak membebani masyarakat Desa Pakuwesi.

Terpenunihnya kebutuhan Air Bersih Bersekala Desa ini akhirnya mendapatkan Apresiasi dari Pemerintah Berupa Penghargaan : “Mandala Karya Prasasta” Layanan Inovatif Desa” Pada Tahun 2019. Penghargaan ini adalah hasil dari bentuk Keseriusan, Ketekukan serta kerja keras berbagai pihak utamanya Pemerintah Desa Pakuwesi yang dikomandoi oleh Bapak Syahrullah, S.H. sebagai Kepala Desa Pakuwesi.

 

Foto Dokumentasi Desa Pakuwesi :  “Mandala Karya Prasasta” Layanan Inovatif Desa”

Bapak Kepala Desa Pakuwesi, Syahrullah, S.H. Menuturkan bahwa: Pelayanan dan Peran Aktif Pemerintah Desa terhadap segenap kebutuhan warga desa Pakuwesi secara umum, merupakan hal prioritas yang harus segera dipenuhi dan mendapatkan perhatian serius oleh Pemerintah desa. Sesuai dengan “Visi : Membangun Desa Dengan Tulus dan Melayani Masyarakat dengan Senang Hati.” Bapak Kepala Desa Pakuwesi, Syahrullah, S.H. Berkomitmen bahwa kedepan Desa Pakuwesi adalah Desa yang Berkembang dan maju seraya diiringi dengan layanan inovatif lain yang senantiasa dikembangkan dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat Desa Pakuwesi. Beliau juga menuturkan, Menjaga kualitas dan senantiasa berinovasi adalah modal penting untuk mengembangkan Desa Pakuwesi lebih Berkembang, Maju dan berkualitas (Syahrullah, 28  Juli 2020).

Pemerintah Desa Pakuwesi telah berkomitmen untuk mempertahankan dan mengembangkan layanan inovatif Desa. Layanan Inovatif Desa Pakuwesi terus dikembangkan dari waktu kewaktu untuk memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal. Oleh karena itu diperlukan semangat dan kerja keras dalam mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Rec. Imam Buhari, S.Pd.I 28/7/2020

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *